YUNANI VS USA, beda gaya beda cara…


Tak sengaja saya menemukan postingan menarik di 9gag mengenai krisis di Yunani. Kebetulan yang bikin komik ini adalah orang Yunani sendiri, jadi kurang lebih kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang-orang di negerinya para Spartan dan SAINT SEIYA… so cekidot gan…

Anda mengalami dejavu? YUP, tiap orang yang sempet nonton sesame street berbahasa inggris di TV Nasional pasti mengalaminya. Saya jadi teringat indonesia di krisis tahun 1998 dimana IMF mengucurkan pinjaman untuk menjamin keberadaan devisa kita, namun dengan syarat yang mencekik. IMF mewajibkan kita melakukan pengetatan anggaran dan menjual BUMN (ayam bertelur emas).

Dan tentu saja ketika anggaran diperketat, maka harus ada pelayanan publik yang dikorbankan DAN/ATAU dinaikkan harganya, dan ironinya adalah… kita tak pernah memegang uang itu, karena ternyata kondisi devisa kita membaik, namun argo bunga tetap jalan (akan dibahas di episode mendatang).

Begitu pula dengan Yunani, sampai sekarang bail-out nya ditolak terus ama Uni Eropa terutama ama sang “wanita perkasa” Angela Merkel (kanselir Jerman), dan sebelumnya oleh Presiden Perancis “GETTING COZY WITH SARKOZY”.

LAH, TERUS APA HUBUNGANNYA? Ada fenomena menarik dimana ketika Indonesia dan Yunani mengalami krisis, Yunani dipaksa untuk melakukan pengetatan anggaran… bahkan mereka harus menjual aset-aset negara dan BUMN yg profit, alih-alih menjual telur emasnya, mereka dipaksa untuk menjual “ayam”nya. (familiar bukan? Yup, kalo ente semua ingat privatisasi INDOSAT)

International banker yang mengucurkan kredit pun (baik pada swasta atau pemerintah) juga mendapat bunga yang lebih besar akibat dari krisis ekonomi global, selain itu pinjaman yang mereka kucurkan diberi jaminan kepastian pembayarannya melalui uang pajak rakyat. (Sekali lagi familiar bukan? Tiba-tiba di tahun 98 bunga bank naik gak karu-karuan sehingga kredit macet melonjak, akibatnya banyak bank mengalami kesulitan keuangan dan akhirnya… voila, BLBI)

Hal ini belum berakhir sampai disini, karena tingkat bunga yang dibayar pengusaha yang punya utang bank meningkat drastis, maka mau tak mau terjadilah PHK besar-besaran dan akhirnya mengakibatkan upah para buruh jadi murah-meriah dan akhirnya menurunkan daya beli secara nasional. (it’s really complicated)

padahal, menurut J.M. Keynes (bapake keuangan publik dan ekonomi makro), melakukan pengetatan anggaran saat krisis = bunuh diri.

kok bisa? anda pasti ingat rumus pengeluaran agregat

Y = C + I + G

dimana fungsi pemerintah pada variabel G untuk Government Expenditure dan memiliki pengaruh domino.

1. SKENARIO PERTAMA, Jika pemerintah melakukan pengetatan anggaran:

lingkaran setan bukan?

2. SKENARIO KEDUA, jika pemerintah melakukan melonggarkan anggaran:

Sementara, negerinya om Yosemith Sam menerapkan apa yg dirumuskan oleh KEYNES puluhan tahun yg lalu. ketika USA mengalami krisis, mereka melakukan sebaliknya, yaitu melonggarkan anggaran
Mari kita lihat neraca perekonomian USA ketika krisis 2008

Dari sini bisa kita lihat bahwa di tahun 2009, USA melakukan pelonggaran anggaran besar-besaran yang menyebabkan defisit anggaran besar-besaran untuk mengatasi krisis. 
dan memang terbukti bahwa hasilnya sangat baik. 
Dan bisa saya pastikan, kenaikan defisit anggaran di tahun 2009 bukanlah untuk ongkos perang, karena jika anda perhatikan ongkos perang sudah menghasilkan defisit dari tahun 2001 dan paling tinggi tahun 2004 tapi belum sebesar defisit anggaran di 2009. pada saat itu memang pemerintah USA melonggarkan anggaran dan mem-bail out banyak perusahaan keuangan,

Jadi, bagaimana menurut anda?

2 thoughts on “YUNANI VS USA, beda gaya beda cara…

  1. masalah bagi Yunani atau Indonesia pada saat krisis itu, mereka tidak bisa memperoleh uang untuk ekspansi anggaran

    • Yup betul sekali bang, saya jadi teringat negara tetangga kita Malaysia, mereka hampir terjerumus di jurang yg sama kek kita, tapi kala itu Mahathir Muhammad menolak tawaran IMF, dan kala itu rakyat Malaysia mengumpulkan emas bwt memperkuat ringgit. ane masih ingat betul itu pas baca koran Jawa Pos taun 98-an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s