Wanita lebih banyak dari pria… O RLY?


KH. Zainuddin MZ pernah ngomong ke kita untuk mengasihani anak fakir-miskin dan janda-janda tua miskin. This is true, di semua negara di dunia, perempuan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria atau dengan kata lain, akan lebih banyak janda dibanding duda!!! Dan kalo anda liat manusia tertua di dunia, PASTI… saya ulangi PASTI… wanita.

Ini artikel terbaru tentang manusia tertua di dunia versi US News Health, dibuat di bulan Maret 2012 kemarin, di artikel ini ada data mengenai manusia tertua di dunia yang masih hidup sampai artikel ini ditulis, mereka antara lain:

10. Hina Shikawatari and Tome Takaoka (Born Jan. 1, 1899—Tied)

9. Hatsue Ono (Born Oct. 31, 1898)

8. Mamie Rearden (Born Sept. 7, 1898)

7. Marie-Thérèse Bardet (Born June 2, 1898)

6. Kame Nakamura (Born March 8, 1898)

5. Misawo Okawa (Born March 5, 1898)

4. Leila Denmark (Born February 1, 1898)

3. Jiroemon Kimura (Born April 19, 1897)

2. Dina Manfedini (Born April 4, 1897)

1. Besse Cooper (Born August 26, 1896)

Sumber: (http://health.usnews.com/health-news/living-well-usn/articles/2012/03/09/worlds-oldest-people

bahkan ketika ane searching gambar ttg orang-orang tertua di dunia, lima top picture adalah WANITA!

Dan ane yakin kalo diantara para pembaca sekalian lebih banyak yang masih memiliki nenek dibanding memiliki kakek…

OK, jadinya kalo kita menyimpulkan bahwa perempuan jumlahnya lebih banyak daripada pria maka hal masuk akal. BUT, WAIT A MINUTE… iseng-iseng saya membaca data BPS tentang jumlah penduduk di Indonesia berdasarkan jenis kelaminnya, dan… VOILA!!! You won’t believe what I’ve found!

Jumlah Penduduk Menurut Provinsi, Jenis Kelamin, Rasio Jenis Kelamin,
dan Laju Pertumbuhan Penduduk (ribu), 2010
Number of Population by Province, Sex, Sex Ratio, and Growth Rate of
Population (thousand), 2010
Sumber: BPS

Lah kok bisa yak? Padahal kan angka harapan hidup lebih tinggi perempuan daripada perempuan. Dan cuman 4 provinsi aja yang jumlah penduduk laki-lakinya lebih sedikit dari penduduk perempuan, yaitu DI Yogyakarta, NTB, NTT dan Sulawesi Selatan. Tapi setelah melihat data berikutnya ane menyadari, perempuan akan lebih banyak jumlahnya dibanding wanita ketika menginjak usia 60 tahun ke atas…

Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Indonesia, 2010
Population by Age Group and Sex of Indonesia, 2010
sumber: BPS

Ane pun menyangsikan data BPS ini. Well, dari hipotesis ane lebih percaya bahwa ada yang salah dengan metode sensus. Pertama, sistem kependudukan kita masih belum benar, banyak KTP ganda, dan apakah anda pernah didatangi petugas BPS untuk sensus penduduk kecuali di Tahun 2010 pas sensus penduduk nasional? Sangat jarang dan random, Kecuali kalo anda masuk Rumah Tangga Miskin baru anda didatangi petugas BPS… LAH, mereka dapat data darimana? Apalagi kalo bukan dari data kependudukan milik PEMDA? Dan karena belum terintegrasi antar daerah, maka pemilik KTP ganda pun dihitung sebanyak jumlah KTP dia. AND ONE FOR SURE, yang punya KTP ganda kebanyakan laki-laki, entah karena dia bekerja di luar daerah, atau karena dia punya dua rumah atau lebih (IF U KNOW WHAT I MEAN), meski hal tersebut akan makin berkurang seiring berlakunya E-KATEPEH… (skali lagi, IF U KNOW WHAT I MEAN…)

Bojo loro, KTP loro, diitung ping loro
(Istri dua, KTP dua, diitung dua kali)

Karena penasaran, akhirnya ane nyari sumber lain, ane ambil dari PBB yang ngurusin statistik daerah Asia Pasifik (UNESCAP) dan ini dia hasilnya:

I.4 Sex ratios
Population sex ratio
    Males per 100 females
    1990              1995              2000              2005              2010
East and North-East Asia 105 106 106 106 106
China 107 107 107 108 108
DPR Korea 96 96 96 96 96
Hong Kong, China 105 100 95 92 90
Japan 96 96 96 95 95
Macao, China 95 94 93 93 92
Mongolia 98 98 98 98 98
Republic of Korea 100 100 101 100 99
South-East Asia 99 99 99 99 99
Brunei Darussalam 112 110 103 103 102
Cambodia 91 93 94 95 96
Indonesia 100 100 100 100 99
Lao PDR 100 100 100 99 100
Malaysia 103 103 103 103 103
Myanmar 99 99 99 98 97
Philippines 102 102 102 101 101
Singapore 101 101 100 101 102
Thailand 99 99 97 97 97
Timor-Leste 106 105 105 104 104
Viet Nam 95 96 97 97 98
South and South-West Asia 107 107 106 106 105
Afghanistan 108 108 107 107 107
Bangladesh 106 106 105 105 103
Bhutan 105 103 103 111 112
India 108 108 108 107 107
Iran (Islamic Rep. of) 102 102 102 104 103
Maldives 107 104 104 102 102
Nepal 103 100 99 99 98
Pakistan 106 106 105 104 103
Sri Lanka 102 101 99 98 98
Turkey 100 100 100 100 100
North and Central Asia 90 91 90 90 89
Armenia 94 90 89 88 87
Azerbaijan 96 96 95 97 98
Georgia 91 90 90 89 89
Kazakhstan 94 94 92 92 92
Kyrgyzstan 96 97 97 98 97
Russian Federation 88 88 88 87 86
Tajikistan 99 100 100 98 97
Turkmenistan 97 98 97 97 97
Uzbekistan 98 98 99 99 99
Pacific 100 100 100 100 100
American Samoa
Australia 99 99 98 99 99
Cook Islands
Fiji 103 103 103 104 104
French Polynesia 109 108 106 105 105
Guam 114 109 105 104 103
Kiribati
Marshall Islands
Micronesia (F.S.) 105 105 103 103 104
Nauru
New Caledonia 104 105 103 101 100
New Zealand 97 97 96 96 96
Niue
Northern Mariana Islands
Palau
Papua New Guinea 105 104 104 104 104
Samoa 111 109 108 108 107
Solomon Islands 107 107 107 107 107
Tonga 103 103 103 101 100
Tuvalu
Vanuatu 106 105 105 104 104
Asia and the Pacific 104 104 104 104 104
LLDC 99 99 99 99 99
LDC 103 103 103 102 101
ASEAN 99 99 99 99 99
ECO 102 102 102 102 102
SAARC 108 107 107 106 106
Central Asia 96 96 96 96 96
Pacific island dev. econ. 105 105 104 104 104
Low income countries 102 102 102 102 101
Lower middle income countries 106 106 106 106 106
Upper middle income countries 94 94 94 94 94
High income countries 98 98 97 97 96
Africa 99 99 100 100 100
Europe 94 94 94 94 95
Latin America and Carib. 99 98 98 98 98
North America 95 96 97 97 97
Other countries/areas 108 109 107 109 111
World 101 102 102 102 102

sumber: http://www.unescap.org/stat/data/syb2011/I-People/Population.asp

WELL, dari data itu bisa diliat kalo jumlah penduduk di Asia Pasifik lebih banyak laki-lakinya daripada daripada wanitanya. Begitu pula dengan penduduk dunia (meski di situ indonesia Sex rationya di tahun 2010 cuman 99 padahal kalo versi BPS 101).

Kesimpulannya, untuk para ladies yang belon dapat jodoh, tenaaang… ternyata jumlah pria lebih banyak dibanding wanita, terutama di usia muda. dan di INDONESIA ada 101 laki-laki untuk tiap 100 wanita…

3 thoughts on “Wanita lebih banyak dari pria… O RLY?

  1. masalahnya bukan jumlah
    even perempuan 4 kali lebih banyak, masih ada solusinya. hehehe
    masalahnya, sebagian laki-laki itu tidak/belum berani atau belum berniat untuk menikah
    sementara si perempuan berpacu dengan waktu, si lelaki bisa santai-santai saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s