Tom and Jerry di krisis asia 97


Kalo ente merefresh kembali ingatan tentang krisis 97/98 di asia tenggara, apa yang ada di ingatan anda? Saya yakin pastinya penggulingan Presiden Soeharto dan reformasi. Yep, kalo ente pernah baca buku Economic Hitman ente pasti langsung ngerti kenapa kok cuman di Indonesia yang akhirnya malah berimbas ke dunia politik dalam skala besar, negeri ASEAN lain tak sampai ada gonjang-ganjing politik… benar, karena kala itu Presiden Soeharto menyadari ketidakadilan bagi Indonesia dalam kontrak Letter of Intent ama IMF namun yang udah beliau terlanjur tandatangani.

IT’S A TRAP? DUNNO…

Well, saya takkan membahas itu terlalu jauh sekarang. Btw, tidak semua kejadian dikala itu meng-harubiru perasaan kita, tapi ada juga yang membuat kita tersenyum kecut ketika mengingatnya. Apa itu? apalagi kalo bukan perseteruan antara Dr. Mahathir Muhammad ama George Soros.

Mereka berdua macem kayak Tom and Jerry. Terserah anda, siapa menurut anda yang jadi Tom dan siapa yang jadi Jerry. Tapi yang jelas, semakin saya dewasa, semakin saya mengasihani Tom dan menyadari kalo Jerry adalah tikus brengsek.

Dalam berbagai kesempatan forum-forum dunia, Mahathir Mohammad, mantan PM Malaysia dan George Soros, spekulan sekaligus milyuner Amerika Serikat saling menghujat. Berikut beberapa kejadiannya:

OH THOMAAAS, Finally

Mahathir terhadap Soros

George Soros is a moron (George Soros adalah orang tolol)”

– Mahathir Muhammad, Agustus 1997

i’m not a moron (saya tidak tolol)”

– Soros, World Bank Meeting in Hong Kong, 20 September 1997

Soros is part of a worldwide Jewish conspiracy (Soros adalah bagian dari konspirasi yahudi dunia)”

– Mahathir, Kuala Lumpur, 1997. Pernyataannya ini membuat dia di cap anti-semit (anti yahudi) ama media mainstream di barat, namun beliau menyangkalnya.

 

Soros terhadap Mahathir

Dr. Mahathir is a menace to his own country. (Dr. Mahathir adalah ancaman untuk negerinya sendiri)”

– Soros, World Bank Meeting, Hong Kong, 20 September 1997

I hope that Anwar will be either let out of jail or if he’s put in jail, the public opinion is going to turn against Mahathir (saya harap anwar -Anwar Ibrahim- akan dibebaskan dari penjaraatau jika dipenjara, opini publik akan berubah melawan Mahathir)”

– Soros, saat pidatonya di Johns Hopkins University’s School of Advanced International Studies, 4 Desember 1998

I think Mahathir has made a great contribution to Malaysia’s material development but like all great men, he has made some great mistakes (saya pikir Mahathir telah membuat kontribusi besar untuk perkembangan besar Malaysia, tapi sama seperti semua orang hebat yang lain, dia telah membuat beberapa kesalahan besar)”

– Soros, dalam sebuah wawancara, 2006

Mahathir, who I consider my best publicity agent—because who would have heard of me in Asia unless Mahathir had made me famous? (Mahathir, menurut saya adalah agen publisitas terbaik saya, karena bagaimana saya bisa terkenal di asia kalo bukan karena Mahathir yang membuat saya terkenal?) ”

– Soros, Indonesia Radio, January 2006

 

Dalam hal spekulasi mata uang:

There is definite evidence that we cannot disclose. There is no doubt he did it (terdapat bukti yang pasti yang tak bisa kita ungkapkan. Tak ada keraguan bahwa dia yang melakukannya)”

– Mahathir, Kuala Lumpur, 1997, mengenai peran soros dalam spekulasi mata uang yang memancing krisis asia 97/98.

FINALLY, HAPPILY EVER AFTER (I HOPE…)

Namun sama seperti Tom dan Jerry atau seperti Tuan Krabs dan plankton. Mereka berdua akhirnya berdamai. Mereka berbaikan pada Desember 2006 ketika Soros menerima undangan London School untuk mengunjungi Kuala Lumpur. Mereka berdua bertemu dan ngobrol selama sejam bagai teman lama. Dalam pertemuan ini pula Mahathir mengungkapkan bahwa dia bukanlah anti semit seperti yang dilabelkan oleh media barat.

“Somehow or other, I have been labeled anti-Semitic. I would like to say that I am not anti-Semitic, not anti-Jew. But I am very much against what is happening in Palestine, where the Israelis have tried to out-terrorize the Palestinians. (bagaimanapun juga, saya telah dicap sebagai anti semit, saya katakan bahwa saya bukan anti-semit, bukan anti-yahudi, tapi saya sangat tidak setuju dengan apa yang terjadi di palestina, dimana orang-orang israel mencoba menteror orang-orang palestina”

– Mahathir, Kuala Lumpur, December 2006

I accept that Dr Mahathir is not anti-Semitic.(saya menerima bahwa Dr. Mahathir bukanlah anti-semit)”

– Soros, Kuala Lumpur, December 2006.

 tapi yang mengejutkan adalah bahwa akhirnya Dr.Mahathir akhirnya menerima bahwa George Soros tidak terlibat dalam spekulasi mata uang dalam krisis asia.

Mr Soros said he is not involved. I accept that. (Mr.soros berkata bahwa dia tak terlibat, saya menerimanya.)”

– Mahathir, Kuala Lumpur, December 2006

Dan sampai sekarang ane masih penasaran, bagaimana perasaan Dr. Mahathir mengenai perseteruannya di masa lampau, dan apakah hal yang disampaikan George Soros pada Dr. Mahathir sampai-sampai beliau bisa berubah, padahal beliau dikenal sebagai orang yang berpendapat kuat. Tapi seringkali suatu hal akan lebih menarik jika ada misteri di dalamnya.

Sumber:

http://www.nytimes.com/1997/09/22/news/22iht-soros.t.html?pagewanted=all

http://www.chinapost.com.tw/latestnews/20061215/43088.htm

http://www.theasiamag.com/cheat-sheet/sticks-and-stones-mahathir-mohamad-and-george-soros

Leave a Reply

