Jalan-jalan ke Pulau Untung Jawa


 

YEAAAY, It’s Sunday!!! Jalan-jalan nyok. Well, ane ama keluarga niatnya sih cuman pengen muter-muter Kota Tangerang, hingga akhirnya ane membaca tulisan papan petunjuk jalan ke arah Teluk Naga. Wew, ane langsung teringat ama acara jalan-jalan di TV lokal tentang Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga. Niru gaya arek jawa timuran yang nekat (niru? Oh iya ane lupa kalo ane orang Jatim), dengan duit pas-pasan pun ane nyobain ke Teluk Naga.

Nyampe di Pantai Tanjung Pasir, ane langsung ditawarin naik perahu ke Pulau Untung Jawa yang masih grup kepulauan seribu (thousand island – macem nama mayonaise ajah). Buset dah! Ane bawa uang pas-pasan. Tapi begitu ane tanya tarif kapal dia bilang 25ribu, itu pun udah bolak-balik. Wah murah sangat. Berarti berdua cuman 50 ribu. Nunggu kurang lebih ½ jam akhirnya perahunya berangkat.

Dan ane baru nyadar, ternyata Pulau Untung Jawa cukup dekat. Hanya dalam waktu gak ada sejam perahu udah berlabuh di Untung Jawa. Pemandangan pantai di Ujung Jawa gimana? Yah jangan dibandingkan ama pantai di Sumatra, Sulawesi, apalagi di Papua yah… kalo anda pernah jalan2 ke pantai di daerah tsb lebih baik anda hapus kenangan itu sejenak, dan nikmati apa yang ada di depan mata anda.

Air di pantai ini belum mem-biru karena memang jaraknya yang dekat dengan mainland. Jadi warna airnya masih keruh kehijau-hijauan. Berbeda ama Pulau Tidung yang airnya sudah jernih membiru karena jaraknya yang jauh (lebih dari 3 jam perjalanan dari Muara Angke). Kalo soal fasilitas penunjang jangan khawatir, udah komplit…plit…plit…

Makanannya gimana? NAH INI DIA YANG PALING ANE SUKA… ikannya seger banget coy. Dan harganya murah. Ane berdua cuman habis 65ribu itu udah pake ikan Kakap bakar dan kalapa muda (ane pake standard ikan bakar di Palu yang seporsi nyampe 30ribu blon termasuk minuman). Dan rasanya kalo niru gaya om Bondan Winarno “TOP MARKOTOP, MAKNYUSSSS”.

Selain pantai ada apa di pulau ini? Well, anda akan disuguhi joging/bycicle track yang mengelilingi pohon-pohon bakau nan rimbun, spot mancing, banana boat, jet ski, dan penyewaan kapal kalo ente pingin snorkling.

Lah terus kekurangannya apa? Ya kurang lebih sama lah kayak Pulau Tidung… SAMPAHNYA ITU LOH. Banyak berseliweran di pantai dan rawa-rawanya. Bener2 merusak pemandangan. Kalo sampah daun sih tak masalah, tapi ini kebanyakan sampah plastik.

Oh ya, ane lupa ngasih rincian biayanya:

Tiket masuk Pantai Tanjung Pasir (dua orang + parkir motor)Ongkos perahu PP (dua orang @25.000, btw ini sebetulnya bisa ditawar)Ongkos makan ikan kakap bakar ama es klapa muda dua porsiOngkos masuk area perkemahan Pulau Untung Jawa dua orang

 

Rp 15.000,Rp 50.000,-

Rp 65.000,-

Rp   4.000,-

Rp134.000,-

Jadi kesimpulannya, Pulau Untung Jawa adalah tempat rekreasi yang murah meriah dan kalo ane boleh bilang… NOT BAD lah. Oh ya, ini foto-foto yang ane jepret ketika di Untung Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s