MODUS PENCUCIAN UANG FOR DUMMIES


Istilah ini muncul pertama kali tahun 1920-an di USA sebagai salah satu aksi kejahatan mafia. Ketika itu miras dilarang, sedangkan penjualan miras merupakan salah satu sumber uang utama mafia. Persoalan muncul ketika keuntungan dari berdagang miras sering kali dalam bentuk uang receh berkarung-karung, sehingga akan susah mendepositokan sekian banyak uang receh ke bank tanpa bank bertanya-tanya darimana asal uang receh tersebut.

Kemudian Al-capone memiliki ide, dia membangun banyak tempat cuci pakaian umum otomatis (laundromat) sebagai kedok, hal ini tak lain karena mesin ini beroperasi dengan cara memasukkan uang koin terlebih dahulu. Jadi, berkarung-karung koin hasil jual beli miras “dicuci” seolah-olah hasil bisnis laundry otomatis. Anak buah Al-Capone pun dengan mudah mendepositokan ke bank tanpa masalah. Mafia menyebut taktik ini money laundering “mencuci uang”, karena lucu, efektif sekaligus akurat secara deskripsi. Nah, disini ane akan beberapa modus operandi pencucian uang yang biasa dipakai.

MODUS OPERANDI PERTAMA

Ini cocok untuk pencucian uang yang jumlahnya belum besar, masih di kisaran ratusan juta, karena paling murah dibanding modus lain, namun jika jumlah uangnya besar banget, menggunakan cara ini tentu saja paling gampang ketahuan.

MODUS OPERANDI KEDUA

NAH, ini kalo anda pernah denger bisnis arwana yang ditengarai menjadi sarana pencucian uang, anda juga bisa menggunakan komoditas lain yang hargaanya tidak standar, misalnya tanaman hias yang harganya gak karu-karuan, hewan peliharaan yg harganya gak logis, barang seni dan barang antik pun bisa.

MODUS OPERANDI KETIGA

ini masih sama kayak modus kedua, yang intinya adalah anda seolah-olah mendapatkan uang dengan menjual barang yang harganya tak memiliki standar dan mahalnya gak karu-karuan.

MODUS OPERANDI KEEMPAT

ini udah skala lumayan besar, nah, jika dikembangkan lagi maka akan jadi modus kelima

MODUS OPERANDI KELIMA

NAH, ini dia favoritnya… ini yang udah skala besar banget karena untuk melakukan operasi ini pun membutuhkan dana yang besar juga. Dan biasanya orang-orang yang memfasilitasi pencucian uang kotor juga mendapat komisi sekian persen dari nilai uang yang dicuci alias bagi hasil.

Ada yang mau nambahin? sok atuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s