BORONG SEMUA BARANG!!!


Pada suatu hari, ada orang suci datang ke suatu kota. Orang suci ini selalu dikabulkan doanya. Dia memutuskan untuk singgah beberapa hari di sini. Lalu dia beristirahat di dan berbincang2 dengan orang-orang sekitar. dari obrolan tersebut, dia tau bahwa penduduk di kota itu sebagian besar memiliki keluhan tentang betapa sedikitnya uang di rumah-rumah mereka.

Karena kebaikan dan ketulusan hatinya, sang orang suci ini akhirnya berdoa kepada Tuhan untuk melipatgandakan uang yang dimiliki oleh orang2 di daerah tsb. dan Tuhan pun mengabulkannya.

Esok harinya ketika hari menjelang siang, semua orang bersuka ria karena uang yang mereka miliki naik dua kali lipat. mereka semua berlarian ke pasar untuk berbelanja. Begitu sampai di pasar, mereka terkejut bukan kepalang, ternyata semua barang-barang di pasar harganya juga telah naik DUA KALI LIPAT.

Pedagang di pasar memutuskan untuk menaikkan harga barang mereka hingga dua kali lipat karena terlalu banyak orang yang ingin berbelanja sedangkan barang yang mereka jual jumlahnya masih sama seperti kemarin, para pedagang sadar bahwa orang akan mau membayar lebih barang tersebut ketika terlalu banyak orang yang ingin berbelanja sedangkan jumlah barang terbatas, selain itu mereka harus menaikkan harga barangnya karena pedagang pun punya barang kebutuhan yang harus dia beli, dan harga barang kebutuhan tersebut juga naik DUA KALI LIPAT.

Warga kota pun pulang dengan hati kecewa, harapan untuk bisa berbelanja banyak barang kandas. Uang yang dimiliki boleh jadi naik dua kali lipat, tapi harga barang pun naik dua kali lipat. atau dengan kata lain tak ada penambahan kekayaan…

Sang orang suci pun mengetahui hal ini, dia pun ikut bersedih karena niatnya membuat bahagia warga kota ternyata gagal.

 

NAMUN… di beberapa rumah penduduk, mereka tetap bersuka ria. KENAPA?

YUP BENAR… mereka lah orang-orang yang bangun paling pagi, dan mereka juga paling awal datang ke pasar, dimana harga-harga barang masih sama seperti kemarin alias belum naik, namun dengan jumlah uang yang mereka miliki naik dua kali lipat.

 

Catatan tambahan:

anda familiar dengan kejadian seperti dongeng diatas? YUP, kita di Indonesia tiap tahun pasti mengalami hal ini, terutama ketika menjelang hari raya idul fitri. Mendadak semua orang memiliki banyak uang karena memperoleh THR dan sebagainya, dan mendadak pula harga-harga barang kebutuhan meroket.

Btw, apa nilai moral yang anda dapatkan dari cerita di atas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s